Yogyakarta Punya Candi Prambanan

Yogyakarta Punya Candi Prambanan

Candi PrambananJalan-jalan ke kota gudeg Yogyakarta ini sungguh sangat mengasyikan dengan mengunjungi peninggalan jaman Mataram kuno ini, ya, Candi Prambanan. Candi yang terletak 20km timur kota Yogyakarta ini dibangun oleh Rakai Pikatan dari wangsa Sanjaya ( pada masa Mataram I ) sekitar 850 Masehi,bentuknya yang unik dan juga terdapat patung eksotisnya Rara Jonggrang, candi ini sering juga disebut Candi Roro Joggrang.

Areal candi ini setelah perluasan sekarang berada di 2 kabupaten, yaitu kabupaten Sleman Yogyakarta dan Kabupaten Klaten Jawa Tengah, areal kosong di sekitar candi kini telah berubah menjadi taman alam yang sangat indah untuk berwisata, mengingat sejarah Mataram Kuno dengan nuansa alam yang sangat hijau dan menyejukan, pokok nya rugi deh kalau tidak datang ke Candi Prambanan Yogyakarta.

Stupa CandiUntuk tarif masuk ke candi ini, wisatawan dikenakan biaya Rp. 17.000 saja, selain mendapatkan asuransi wisatawan juga bisa menggunakan jasa pendamping resmi dari pihak pengelola, jika ingin mendapatkan penjelasan mengenai candi, fasilitas lain yang disediakan pengelola adalah adanya gedung Cinema yang akan memutar sejarah Candi Prambanan, beserta proses ronovasi nya.

O iya, Candi Prambanan Yogyakarta ini lah yang memiliki relief dengan Cerita Ramayanan, relief ini di ukir mengelilingi bangunan candi dan merupakan keindahan sendiri dari Candi Prambanan Yogyakarta ini.

ReliefTak kalah menarik dengan biaya cukup murah yaitu Rp.5000, wisatawan bisa menikmati kereta mini yang akan mengantar berkeliling kompleks Candi Prambanan yang konon Kompleks Candi Prambanan Yogyakarta adalah Kompleks Candi Terbesar di Asia Tenggara. Atau mungkin ingin menikmati Candi Ratu Boko, hanya dengan Rp.15.000 wisatawan juga bisa menikmati transportasi ke Candi Ratu Boko yang berjarak 3 Km dari Candi Prambanan Yogyakarta.

0 responses to “Yogyakarta Punya Candi Prambanan”

Leave a Reply