Yogyakarta Punya Gamelan

Yogyakarta Punya Gamelan



Berkunjung ke Yogyakarta
, diiringi merdunya suara musik tradisional yang menyejukan hati, itu adalah suara Gamelan Yogyakarta, gamelan adalah alat musik bernada pentatonik yang apabila dimainkan oleh Wiyaga (pemein gamelan) akan menghasilkan sebuah orkestra tradisional yang sangat nikmat untuk di dengar.

Gamelan di Yogyakarta, sering dimainkan dalam acara - acara sendratari, acara wayang, kethoprak, dan bahkan pada acara hajatan. Karena musikal nya yang khas, Gamelan Yogyakarta tidak hanya di mainkan di sini saja, bahkan Gamelan Yogyakarta telah menjadi konsumsi pecinta musik di dunia, ini terbukti dengan banyaknya negara manca mempelajari musik Gamelan Yogyakarta ini.

Gamelan Yogyakarta adalah Gamelan bercorak  Jawa, ini adalah sebuah bentuk gamelan yang sangat berbeda dengan Gamelan manapun, seperti Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Gamelan Jawa / Gamelan Yogyakarta memiliki nada yang lebih lembut dan slow, berbeda dengan Gamelan Bali yang bercorak rancak ataupun Gamelan Sunda yang  mendayu-dayu dan didominasi suara seruling. Perbedaan ini wajar, disebabkan Jawa memiliki pandangan hidup tersendiri yang diungkapkan dalam irama musik gamelannya.

Komponen Gamelan Yogyakarta terdiri dari kendang, rebab dan celempung, gambang, gong dan seruling bambu, kenong. Bahan pembuatan Gamelan Yogyakarta ini dari logam dan kayu, pembuatanya sendiri memerlukan ketrampilan tersendiri, agar bisa menghasilkan musik suara yang dikehendaki.

Gamelan Yogyakarta yang asli bisa dinikmati di lingkungan Keraton Yogyakarta setiap hari kamis, jadi jika berkunjung ke Yogyakarta saat hari Kamis, tidak ada salahnya mengunjungi Keraton Yogyakarta.

5 responses to “Yogyakarta Punya Gamelan”
  1. Saya inget persis Ibu, kini almarhumah, sering mengajak saya menemaninya latihan karawitan di selatan gedung sekolah dasar, duluuu banget :) kemarin makan bakso di Mas Nur, Rawa Belong, Jakarta Barat, pemilik warungnya emang orang Jawa dan nyetel kaset gamelan... berasa lagi di tanah Jawa qe3

    Selamat buat blog barunya... tombo kangen ke Jogja qe3

    Oya barusan aku follow ya, trims Brader Fauzy...

  2. om rame says:

    saya pernah ke yogya, di rumah teman saya ada kamar khusus yang digunakan untuk tempat peraLatan gameLan ini, kaLo maLam saLah satu gameLannya suka bunyi sendiri Lho. mungkin ada unsur kLeniknya kaLi yah.

    ijin menajdi foLLower di bLog ini, saLam kenaL.

  3. Fellicia says:

    Jogja keren :)
    Ijin follow ya :)

  4. "Nice artikel, inspiring ditunggu artikel - artikel selanjutnya, sukses selalu, Tuhan memberkati anda, Trim's :)"

  5. tiwi says:

    huhuhu...jogja sll membuat kangen u berkunjung lg...memory2....i love it!....tnx dah share, success 4 u...!

Leave a Reply